Sunday, 17 December 2017

Walikota Buka Festival Durian 2017 di Waduk Jatibarang

Wednesday, 22 February 2017 13:25
Rate this item
(2 votes)
BODJONGPOLITAN, Semarang - Dinas Pertanian Kota Semarang kembali menggelar kegiatan Festival Durian 2017 dimulai pada Jumat hingga Minggu (24-26 Februari). Acara yang memadukan antara wisata dan pertanian ini dipusatkan di Lapangan Waduk Jatibarang.
 
Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Rusdiana mengatakan akan menyediakan sekitar ribuan durian dalam festival tahunan tersebut.
 
"Kami menyediakan empat jenis durian lokal dengan citarasa nikmat di antaranya adalah durian Tembaga dan Montong Gunungpati. Selain itu juga ada durian daerah lain untuk para pecinta durian," ujarnya, Selasa (21/2) kemarin.
 
Dalam Festival Durian 2017 ini, akan digelar berbagai macam acara yakni lomba durian unggul lokal, lomba makan durian, dan bursa durian.
 
"Pemenang lomba durian nantinya akan diajukan ke tingkat provinsi pada Maret mendatang. Untuk bursa durian, kami siapkan 100 stan yang tidak hanya menyediakan durian lokal Semarang namun juga durian dari berbagai penjuru daerah," ujarnya.
 
Festival ini diikuti oleh dari berbagai asosiasi diantaranya Asosiasi Gapoktan,Asosiasi Multiflora, Asosiasi Petani Buah, Asosiasi Tanaman Obat, Asosiasi Jamur,Desa Wisata, Cluster Kuliner, dan Bursa durian.
 
Dalam kesempatan terpisah, Kabag Humas dan Protokol, Achyani mengatakan acara bertema Menggali Potensi Durian Lokal, Mendukung Semarang Hebat digelar mulai pukul 08.00-18.00 WIB yang akan dibuka oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.
 
"Festival ini bertujuan sebagai ajang promosi berbagai macam produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha. Dari festival ini diharapkan dapat diperoleh beberapa jenis buah lokal berkualitas unggul yang nantinya dapat dikembangkan dan dibudidayakan oleh para petani sehingga menjadikan produk petani kita mampu bersaing dipasaran dan mempunyai daya tawar yang tinggi pada akhirnya dapat meningkatkan ekonomi para petani," ujarnya. (BP-LD)
Read 253 times