Saturday, 19 August 2017

Innalillahi wa inailaihi roji'uun. Sugihartini, Anggota DPRD Kota Semarang Meninggal Dunia

Wednesday, 08 March 2017 09:29
Rate this item
(2 votes)
Sugihartini, legislator perempuan DPRD Kota Semarang dari Fraksi PDI Perjuangan Sugihartini, legislator perempuan DPRD Kota Semarang dari Fraksi PDI Perjuangan

BodjongPolitan, Semarang - Innalillahi wa inailaihi roji'uun. Kota Semarang kembali kehilangan sosok legislator terbaiknya. Sugihartini, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang dari Fraksi PDI Perjuangan meninggal dunia, Selasa, sekitar pukul 19.45 WIB di RSUP Dr. Kariadi Semarang.

 

"Ya, betul Mas. Bu Sugihartini tadi malam meninggal dunia," kata Fajar Rinawan Sitorus, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Semarang saat dikonfirmasi BodjongPolitan, Selasa malam (7/3).

 

Sebagai rekan yang sama-sama berasal dari satu fraksi, Ucok, sapaan akrab Fajar Rinawan, mengakui selama ini yang bersangkutan merupakan anggota dewan yang paling rajin mengikuti kegiatan sebagai anggota dewan.

 

Menurut Fajar, almarhumah Sugihartini merupakan sosok yang rendah hati, sederhana dan keibuan. Almarhumah juga merupakan sosok yang tidak membeda-bedakan atau memilih-milih teman.

 

"Beliau adalah teman, sahabat dan ibu. Sikap sederhana dan low profil-nya menjadi teladan bagi kami," kenang Fajar.

 

Fajar menambahkan bahwa almarhumah termasuk anggota dewan yang paling rajin, tidak pernah absen rapat. Selama ini, menurut Fajar, almarhumah tidak pernah mengeluh.

 

"Beliau tidak pernah mengeluh. Pada beberapa waktu terakhir ini, beliau masih menjalankan tugasnya," kenang politisi muda yang duduk di Komisi A DPRD Kota Semarang ini.

 

Masih menurut Fajar, almarhumah Sugihartini merupakan sosok wakil rakyat yang konsisten dalam memperjuangkan aspirasi konstituennya, khususnya dalam pemberdayaan perempuan dan ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

 

Selama menjalankan amanah sebagai legislatif di Komisi D yang membidangi kesejahteraan rakyat, kata dia, Sugihartini getol memperjuangkan pemberdayaan ibu-ibu jumantik (juru pemantau jentik).

 

Salah satu bentuk perjuangan almarhumah, di Kota Semarang terbentuk Forum Kesehatan Kelurahan (FKK) yang bisa memfasilitasi peran jumantik.

 

Dalam catatan Fajar, sejak Februari 2017, Sugihartini berkali-kali keluar masuk rumah sakit (RS), mulai RS St Elisabeth, RSUD KRMT Wongsonegoro, RS Tlogorejo, hingga RSUP dr Kariadi Semarang.

 

"Beliau baru saja punya cucu, dan belum sempat melihat cucunya. Kami sangat merasa kehilangan, semoga almarhum khusnul khotimah," katanya.

 

Di sisi lain, Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi menyampaikan hal yang senada bahwa sosok Sugihartini sebagai pribadi yang low profile, sederhana, dan selalu aktif dalam rapat, baik kelengkapan maupun paripurna.

 

"Beliau orangnya juga selalu mau belajar. Kami atas nama DPRD Kota Semarang mengucapkan bela sungkawa. Semoga beliau khusnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," katanya.

 

Almarhumah Sugihartini merupakan legislator kelahiran Semarang, 16 April 1963 yang terpilih sebagai anggota DPRD Kota Semarang periode 2014-2019 mewakili Dapil Kota Semarang 5. Almarhumah wafat meninggalkan suami dan dua orang anak. (BP-901)

Read 173 times