Friday, 19 January 2018

DPC PKB Kendal Gelar Musabaqah Kitab Kuning

Tuesday, 07 March 2017 14:54
Rate this item
(1 Vote)
Muhammad Amiruddin saat bertemu dengan KH. Ustman Tahri pimpinan pondok Futhuhiyah, Ngampel Muhammad Amiruddin saat bertemu dengan KH. Ustman Tahri pimpinan pondok Futhuhiyah, Ngampel

BodjongPolitan, Semarang - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Kendal akan segera menggelar Musabaqoh Kitab Kuning (MKK) dengan Pelaksana Organisasi dipercayakan kepada sayap kepemudaan PKB yaitu Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Garda Bangsa. Kegiatan tersebut rencananya digelar  pada Minggu, 12 Maret 2017 mendatang. Lebih dari 100 peserta akan unjuk kebolehan membaca kitab gundul atau kitab kuning.

 

"MKK yang akan digelar di Gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Kendal ini melibatkan para santri dari seluruh delegasi pondok pesantren Salaf se-Kabupaten Kendal," tutur Muhammad Amiruddin, Ketua Panitia MKK saat menyampaikan rilis.

 

Amiruddin menambahkan ada 2 cabang yang akan dilombakan. Satu untuk tingkat Ula yaitu Fathul Qorib dan Nadhom Imriti dengan usia maksimal peserta 20 tahun, sedangkan untuk tingkat Ulya yaitu Ihya’ Ulumuddin dan Nadhom Alfiyah Ibnu Malik dengan usia maksimal peserta yaitu 25 tahun.

 

Selanjutnya, masih menurut Ami, tujuan diselenggarakan MKK adalah untuk melestarikan tradisi intelektual dan khazanah pengetahuan pesantren.

 

"Tapi lebih dari itu, diselenggarakannya MKK agar para santri mengetahui persaingan yang sportif dan lebih berwawasan luas," imbuhnya.

 

MKK tersebut akan mendatangkan para dewan juri dari Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Kabupaten Kendal dan bekerjasama dengan PC NU Kabupaten Kendal.

 

Sebagai informasi, pendaftaran MKK akan berlangsung hingga tanggal 11 Maret 2017, sedang pemenang dari MKK di Kendal akan diambil juara 1, 2, dan 3 yang berkesempatan melaju di tingkat Jawa Tengah, hingga tingkat Nasional. (BP-901)

Read 280 times