Saturday, 19 August 2017

Diklat Kader Pratama, Gemblengan Calon Anggota Model Putra Mabes 26 Lindu Aji

Monday, 10 April 2017 09:55
Rate this item
(1 Vote)
Ketua Umum DPP Lindu Aji, Ikhwan Ubaidillah, saat melakukan prosesi mandi kerbau kepada peserta Diklat Kader Pratama Putra Mabes 26 Lindu Aji, Minggu (9/4) Ketua Umum DPP Lindu Aji, Ikhwan Ubaidillah, saat melakukan prosesi mandi kerbau kepada peserta Diklat Kader Pratama Putra Mabes 26 Lindu Aji, Minggu (9/4)

BodjongPolitan, Semarang - Sebagai organisasi kader, Lindu Aji menggembleng anggota barunya dengan tradisi pendidikan kader di setiap tingkatan.

 

Hal ini pun dilakukan oleh Putra Mabes 26. Sebagai organisasi otonom, Putra Mabes 26 mensyaratkan calon anggotanya mengikuti pendidikan kader pratama. Bertempat di Desa Wisata Kandri, Gunungpati, Minggu lalu (9/4) dilangsungkan pendidikan kader pratama yang dibuka langsung Ketua Umum DPP Lindu Aji, Ikhwan Ubaidillah.

 

Ketua Putra Mabes 26, Yuliyanto, menegaskan bahwa pendidikan kader ini akan menjadi tradisi bagi organisasi yang dipimpinnya.

 

"Lindu Aji yang memiliki karakter bela negara, mau tidak mau harus membuat tradisi kedisiplinan agar anggota bermental tanggap, tanggon dan trengginas," kata Glempo, panggilan akrab Yuliyanto, kepada BodjongPolitan.

 

Di sisi lain, Ketua Panitia Diklat Kader Pratama Wahid Aji Martono mengatakan bahwa model diklat ini bukan mendidik militerisme tapi lebih kepada mental disiplin, tabah dan berani.

 

"Kemasan diklat ini adalah perpaduan antara kegiatan pengarahan, diskusi dan lapangan," tutur Aji.

 

Pada awal kegiatan, kata Aji, dibuka dengan doa yang dipimpin oleh Gus Ali, ulama yang setia mengisi kegiatan keagamaan di lingkungan Lindu Aji.

 

Ditambahkan oleh Aji, materi pengarahan diberikan oleh Ketua Pelaksana Harian DPP Lindu Aji Heru Supriyono dan Ahmad Zainudin. Sedangkan diskusi berupa tanya jawab dan permainan.

 

"Untuk kegiatan lapangan berupa pelatihan baris berbaris, merayap di sawah, merangkak dan sejenisnya," papar Aji.

 

Diklat Pendidikan Kader Pratama Putra Mabes 26 Lindu Aji ini diikuti sekitar 80 peserta yang secara antusias menjalani tahapan demi tahapan latihan. Keseluruhan perserta dinyatakan lulus dalam kegiatan ini.

 

Diakhir kegiatan, seluruh peserta yang telah dinyatakan lulus dilantik oleh Ketua Umum DPP Lindu Aji Ikhwan Ubaidillah dengan prosesi "mandi kerbau", yaitu secara simbolis peserta disiram dengan air sendang. (BP-901)

 

Read 393 times