Sunday, 17 December 2017

DESA MANGGUNGSARI MERAYAKAN NEGERI

Saturday, 19 August 2017 17:21
Rate this item
(1 Vote)

 

 

BodjongPolitan, Kendal - Jika sebelumnya warga lebih banyak menonton negara merayakan HUT RI, kali ini justru dari sebuah desa di Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal meriah dengan perayaan untuk negeri.

 

Acara Puncak Kegiatan HUT RI Ke-72 di Desa Manggungsari kali ini sangat menarik dan unik. Selain menanamkan nilai-nilai nasionalisme, juga menanamkan cinta budaya asli Indonesia. Tidak hanya atribut perjuangan, namun terlihat juga beberapa peserta yang memakai pakaian pencak silat (PSHT), busana adat khas Jawa Tengah dan baju adat suku lainnya.

 

Tidak hanya itu, sebagai wujud penerimaan terhadap perkembangan kebudayaan, turut ditampilkan pula tari modern dan penampilan marching Pling dari Batang.

 

Ketua Panitia, Muhammad Amiruddin, S.PdI, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya bersama menanamkan rasa cinta budaya sejak dini kepada generasi muda

 

"Perbuatan budaya adalah solusi dari problem bangsa saat ini. Solusi dari semuanya!", tegas pria yang akrab disapa Amir ini.

 

Menurut Amir, dengan budaya kita bisa menyadari bahwa persatuan adalah hal yang sangat dijaga oleh nenek moyang kita, pendiri bangsa Indonesia. 

 

"Kami berharap, pemuda desa Manggungsari ini menjadi garda terdepan untuk menjaga keutuhan NKRI dan selalu mengangkat budaya sebagai filter dari globalisasi," lanjut Amir yang juga Ketua GP Ansor.

 

Masih menurut Amir, perayaan yang sarat pendidikan karakter ini diharapkan tidak melupakan jasa para pendiri bangsa. Juga tidak minder dan takut karena berasal dari desa.

 

"Anak muda harus berani dalam hal kebaikan," pungkasnya.

 

Acara yang dibuka oleh Camat Weleri ini dihadiri Kepala Desa Manggungsari dan unsur TNI/Polri. Perayaan ini diikuti lebih dari 800 masyarakat Desa Manggungsari, antara lain siswa Paud, TK, SD, SMP, SMA, Karang Taruna, PKK, perangkat desa dan masyarakat umum.

 

Camat Weleri Marwoto, SE dalam sambutannya menghimbau agar seluruh masyarakat menjaga keutuhan NKR dan selalu menjunjung tinggi persaudaraan.

 

Sementara itu, Kades Manggungsari Ir. Achmat Suprat mengapresiasi kegiatan tersebut.dan berharap agar selalu rukun dalam bermasyarakat. Utamakan rembugan dalam menyelesaikan masalah. (BP-901)

Read 309 times