Sunday, 17 December 2017

Ujian Kenaikan Tingkat Persaudaraan Setia Hati Terate Kendal Memecahkan Rekor

Monday, 20 March 2017 13:50
Rate this item
(0 votes)
Suasana pembukaan ujian kenaikan tingkat PSHT Kendal, Minggu (19/3). Foto: Andik Suasana pembukaan ujian kenaikan tingkat PSHT Kendal, Minggu (19/3). Foto: Andik

 

BodjongPolitan, Kendal - Pencak Silat merupakan seni bela diri yang di dalamnya terkandung unsur tradisi dan sportivitas. Di tengah gempuran budaya tanpa batas, menjaga kearifan tradisi menjadi tantangan yang tidak mudah.

 

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) adalah salah satu dari sekian banyak kelompok pencak silat yang terus kukuh menjaga tradisi. Minggu kemarin (19/3) di Jenarsari, Kendal, dilangsungkan ujian kenaikan tingkat dengan peserta 729 orang, penguji 100 orang dan pendekar partisipan sekitar 200 orang.

 

Ketua Cabang PSHT Kabupaten Kendal, H. Supriadi. SH. MH, dalam sambutannya mengatakan bahwa dari sisi peserta ujian kaki ini mencapai rekor tertinggi. 

 

"Jumlah peserta mencapai 500 peserta lebih. Dan saya ingin agar ke depannya bisa lebih ditingkatkan lagi baik kuantitas ataupun kualitas," ungkap Supriadi.

 

Dirinya juga berharap dari seluruh peserta bisa mengaplikasikan apa yang sudah menjadi ajaran pencak silat PSHT, yaitu memayu hayuning bawana serta berguna bagi masyarakat sekitar. Dikatakannya, setiap warga PSHT harus bisa memberi warna, citra yang bagus terhadap masyarakat.

 

"Saya ingin menegaskan bahwa kalian ini adalah para kader terbaik, pewaris estafet kepemimpinan kita semua. Jadi, kelak harus bisa melanjutkan kerja-kerja kami dan lebih baik dari kami. Ini semua agar tercipta organisasi yang unggul sesuai dengan tujuan para pendahulu kita, Ki Hadjar Hardjo Oetomo," kata Supriadi menutup sambutannya.

 

Sementara itu, M. Amirudin. S.Pd.I selaku koordinator jaringan luar, mengapresiasi adanya kenaikan tingkat ini guna memantau para pendekar muda yang ada d Kabupaten Kendal ini.

 

"Ujian Kenaikan Tingkat ini juga sebagai barometer kemajuan PSHT di Kendal. Semoga kedepan lebih berkreasi dan unggul dalam prestasi," harap Amiruddin.

 

Ketua Panitia, Drs. Suprayitno mengatakan pihaknya bangga masyarakat Kendal sangat antusias dengan PSHT.

 

"Apa yang diajarkan di PSHT,  tidak hanya tentang ilmu bela dirinya saja atau prestasi olah raga saja. Melainkan, kerohanian yang menjadi tujuan dari anggota PSHT. Semoga kedepan, kalian semua yang mengisi Kendal ini, baik dalam sosial maupun keagamaan," ungkap Suprayitno.

 

Ujian Kenaikan Tingkat PSHT Kendal ini berlangsung di Jenarsari, yaitu padepokan PSHT Cabang Kendal berada. (BP-901)

Read 297 times